-->

Arti & Lambang

Dalam Organisasi Paskibra dikenal ada dua lambang, yaitu :


Lambang Keanggotaan

Lambang anggota Paskibra adalah setangkai Bunga Teratai yang mulai mekar dan dikelilingi oleh gelang rantai, yang mata rantainya berbetuk bulat dan belah ketupat berjumlah 16 ( enam belas ) mata rantai dan 16 (enam belas) belah ketupat yang melambangkan putra dan putri yang datang dari segala penjuru mata angin untuk bersama-sama belajar menjadi teladan. Bentuknya melingkar melambangkan kesempurnaan.

Teratai adalah bunga yang tumbuh di permukaan air, dimana bila permukaan air naik atau turun bunga teratai tetap diatas permukaan, jadi filsafat yang diambil adalah seorang anggota paskibra harus tetap menjadi teladan bagi lingkungannya dimana ia hidup, diatas maupun ketika dibawah.

Bunga teratai berdaun 3 ( tiga ) helai tumbuh keatas dan 3 ( tiga ) helai mendatar bermakan :
a. 3 ( tiga ) helai pertama : belajar, bekerja dan berbakti
b. 3 ( tiga ) helai kedua : aktif, disiplin dan gembira

Mata rantai berkaitan melambangkan persaudaraan yang akrab antar sesama generasi muda Indonesia. Rantai persaudaraan tanpa memandang asal suku, agama, status sosial dan golongan yang akan membentuk jalanan mata rantai persaudaraan sebangsa yang kokoh dan kuat. Sehingga mampu menangkal segala bentuk pengaruh dari luar dan memperkuat Ketahanan Nasional melalui jiwa dan semangat Peratuan dan Kesatuan yang telah tertanam dalam setiap jiwa anggota Paskibra


Lambang Corps

Lambang Korps Paskibra bercirikan dengan perisai berwarna hitam dengan garis pinggir dan huruf berwarna kuning PASUKAN PENGIBAR BENDER
A PUSAKA berisi gambar dengan bulatan pipih sepasang anggota Paskibra dilatar belakangi denga Bendera Merah Putih yang berkibar ditiup angin dan 3 ( tiga ) garis horizon atau awan.

Makna dari bentuk dan gambar :

1) Bentuk perisai bermakna “ Siap Membela Negara”, termasuk bangsa dan Tanah Air Indonesia, berwarna hitam bermakna teguh dan percaya diri.

2) Sepasang anggota Paskibra bermakna, Paskibra terdiri dari angota putera dan puteri yang dengan keteguhan hati bertekad untuk mengabdi dan berkarya bagi Pembangunan Indonesia.

3) Bendera Merah Putih yang sedang berkibar adalah bendera bendera kebangsaan dan utama Indonesia yang harus dijunjung tinggi seluruh bangsa Indonesia, diantarany a generasi muda, termasuk Paskibra.

4) Garis horizon atau awan 3 ( tiga ) garis menunjukkan adanya 3 ( tiga ) tingkatan dalam Paskibra, yaitu Calon askibra ( Capas ), Rakanta dan Rimata.

5) Warna kuning berarti kebanggaan, keteladanan dalam hal prilaku dan sikap setiap anggota Paskibra.

0 comments: